Wednesday, 26 March 2014

News: Cara Menggunakan VCN BNI Pada Iklan Facebook Ads

Memasang Iklan Facebook menggunakan VCN BNI - Bagi teman-teman yang ingin mencoba dunia Facebook Ads tentunya mengalami kesulitan dalam hal jenis metode pembayaran facebook ads. Ada beberapa opsi pembayaran facebook ads, diantaranya: Kupon Facebook, paypai, Debit card, dan Credit Card. Namun dari semua opsi diatas sepertinya sulit sekali untuk dipenuhi.



Ada satu solusi untuk anda yang ingin ber-iklan di facebook namun tak punya Kartu Kredit, entah karena tak mungkin punya kartu kredit(bukan karyawan, masih mahasiswa, dll) atau tidak ingin punya kartu kredit(karena Riba) yaitu menggunakan VCN atau Virtual Credit Number. VCN adalah layanan yang saat ini baru disediakan oleh Bank BNI. Fungsi dari VCN ini adalah membuat kartu debit/ATM anda seolah-olah menjadi Kartu Kredit.

Berikut Langkah-langkah untuk menggunakan VCN sebagai alat pembayaran Facebook Ads:

1. Membuka Rekening BNI
Untuk anda yang belum memiliki Rekening di BNI, anda bisa mulai membuka rekening baru. Dan PASTIKAN rekening anda didukung oleh MasterCard. Anda bisa melihatnya di Kartu ATM anda, pastikan ada Logo MasterCard.



2. Mendaftarkan SMS Banking untuk Transaksi Finansial
Jika anda nasabah baru, ketika membuka rekening anda bisa langsung meminta kepada Customer Service untuk mengaktifkan fitur SMS Banking UNTUK TRANSAKSI FINANSIAL. Artinya anda bisa melakukan transfer melalui SMS.

3. Request VCN
Setelah SMS Banking BNI anda aktif, proses selanjutnya adalah melakukan Request VCN untuk mendapatkan nomor Kartu Kredit yang akan digunakan sebagai Funding Source di Facebook.

Caranya adalah:

SMS ke 3346
REQ VCN <jumlah nominal untuk dijadikan sebagai VCN>
Misal : REQ VCN 100000



Setelah anda menerima konfirmasi seperti gambar diatas, maka Balas SMS dengan PIN SMS Banking anda. PIN disini berbeda dengan PIN ATM anda. Secara default, PIN nya adalah 123456. Jadi ketika diminta untuk mengirimkan digit ke-5&1 maka anda cukup membalas SMS tersebut dengan angka 51



Setelah itu anda akan memperoleh balasan seperti diatas.



Ketiga informasi diatas akan digunakan ketika memasukkan Sumber Dana di Facebook.

*Note: Masa Aktif No VCN adalah 1 jam dari Request. Setelah 1 jam, maka anda harus melakukan Request kembali.

**tarif per-SMS Rp. 900. Dan tidak dikenakan biaya yang dibebankan ke rekening.

***Nominal Jumlah untuk VCN tidak akan diambil dari Rekening sebelum transaksi. Jadi tidak perlu khawatir untuk melakukan Request VCN dengan jumlah yang besar.


4. Masukkan No Kartu Kredit ke halaman Sumber Dana
Setelah memperoleh No.VCN maka selanjutnya adalah memasukkan No.VCN tersebut ke Sumber Dana/ Funding Source yang bisa diakses di :





Lalu Isikan semua data Seakurat mungkin. Perlu diperhatikan, untuk proses selanjutnya data yang akan ditanyakan adalah Kode Pos. Isikan dengan data yang benar aar mudah diingat.



5. Diamkan selama beberapa hari
Setelah Sumber Dana terisi(terlihat seperti gambar di atas) maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menunggu. Pengalaman pribadi saya, ketika Sumber Dana baru dipasang, kemudian langsung Ber-Iklan yang terjadi adalah AME (Ads Manage Error). Dan yang terburuk adalah akun tersebut sudah tidak bisa digunakan untuk ber-iklan lagi.



Saya coba kontak facebook seperti yang dijelaskan pada artikel disini, tetap tidak bisa. This decision is final.

7. Mulai Ber-iklan
Setelah menunggu selama beberapa hari, anda bisa mulai untuk memasang iklan. Saya mendiamkan akun facebook saya selama 7 hari sebelum mulai untuk ber-iklan.

Sesuai dengan saran dari Admin Nofi Bayu Darmawan, saya memulai iklan dengan type Promote Post, dengan budget $1 perhari selama 5 hari. Setelah itu saya baru mulai memasang iklan type yang lainnya.

8. Membayar Tagihan Iklan
Biarkan iklan anda berjalan hingga mendapat pemberitahuan seperti ini:



“Pembayaran Anda tidak berhasil”.

Untuk sementara iklan anda akan berhenti. Nah, sekarang kembali siapkan handphone anda untuk melakukan Request VCN kembali. Hal ini terjadi karena No.VCN hanya berlaku selama 1 jam, sedangkan tagihan baru datang setelah beberapa hari, tentu No.VCN yang dulu sudah kadaluarsa.

Langkah selanjutnya adalah ikuti perintah yang tertera



Klik pada link Informasi Pembayaran.

Lalu akan muncul tampilan berikut.
Silahkan untuk melakukan REQ VCN sekarang.



Klik pada Tambahkan Sumber Dana.
Lalu ada opsi seperti ini, pilih saja Kartu Kredit.



Klik Lanjutkan.



Masukkan No.Kartu Kredit yang diperoleh dari VCN tadi. Disini tidak ada kolom untuk input Nama, alamat dsb. Karena data tersebut sudah ada sebelumnya. Yang ditanyakan hanya Kode Pos saja.

Iklan anda kembali Jalan

Selamat mencoba.

Source: http://www.fanspage-id.com/


Update:
Sekarang VCN BNI sudah tidak bisa dipakai untuk beriklan di Facebook. Psti Error/AME atau bahkan disable payment. Sebaiknya menggunakan Paypal atau Kartu Kredit yang aktif.